Blog Image

Politeknik Negeri Bengkalis melalui Jurusan Teknik Perkapalan melaksanakan Launching seremeoni dan menyerahkan dua buah kapal penangkap ikan kapasitas 2,5 Gross Tonage (GT) pesanan Dinas Perikanan Kota Dumai Senin (14/10/2019) siang ini. Ukuran kapal ikan terbut adalah  LOA 8 Meter, B =1,5 H 0,75 dengan Draf  0,48 meter mengunakan mesin 16 HP dengan total lama waktu pekerjaan selama 2,5 bulan dari tanggal 20 Juni 2019 sampai dengan 10 Oktober 2019. Pembangunakan kapal ikan ini di lakukan oleh alumni dan mahasiwa di dampingi dosen-dosen teknik perkapalan yang tergabung alam inkubator bisnis dibawah Politeknik Negeri Bengkalis

Pada acara launcing kapal tersebut hadir Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Ir. Muhamad Michan, MT, Ketua P3M Akmal Idra, S.Pd., MT, Pembantu Direktur III Bidang Kerja sama Teguh Widodo, S.Sos., MM, M.Rec, Kabag Umum Marhadi, ST., M.Sc dan Dosen, Tendik dan Mahasiwa Jurusan Teknik Perkapalan, dalam sabutannya Direktur mengharapkan kedepan Dinas Perikanan Kota Dumai akan memesan kapal dalam jumlah banyak, karena pekerjaan kapal penangkap ikan telah di laksanakan dengan pengawasan yang ketat dari tenaga dosen-dosen ahli perkapalan dan pihak kampus Politeknik Negeri Bengkalis tidak mengejar keuntungan karena merupakan lembaga non profit, selajutnya tidak hanya kapal, di Politeknik ini juga ada tujuh jurusan yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, IT,s Adminstrasi dan Maritim, Politeknik Negeri Bengkalis siap untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan pemerintah kota Dumai pokoknya semua ada imbuh direktur.

Politeknik Negeri Bengkalis dalam launcing kapal ikan seremoni ini Direktur Politeknik Negeri Bengkalis meyerahkan kepada Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai diwakili oleh bapak Maizul, S.Pi sebagai pejabat pengadaan beliau merasakan sangat senang karena hasil produksi kapal di Politeknik Negeri Bengkalis sangat bangus dan tidak kalah dengan produksi galangan-galangan yang ada di Batam dan Tanjung Pinang, selanjutnya pemerintah Kota Dumai mengucapakan terimakasih atas bantuan dalam proses pembangunan kapal Ikan kapasitas kurang dari 3 GT lengkap dengan alat tanggap.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan surat ukur dan pas kecil kapal ikan KM. TERBIT FAJAR dengan nomor lambung 759 dan KM. MEDANG KAMPAI JAYA dari KSOP Bengkalis oleh ketua seksi pembangunan kapal Romadhoni, ST., MT selanjutnya acara launcing tersebut dilakukan seromoni pemotongan pita tanda penyerahan dan poses pembangunan sudah selesai, dan kapal ikan akan langsung menuju Kota Dumai, karena pada hari selasa tanggal 15 Oktober 2019 kapal ini rencana diserahkan oleh Walikota Dumai Zulkifli AS kepada kelompok Nelayan penerima di pelabuhan TPI kota dumai.

Akhir dari kegiatan ini Dosen-dosen Politeknik Negeri Bengkalis yaitu Afriantoni, ST., MT, Pardi, ST., MT dan Muhammad Helmi, ST., MT akan memberikan materi tentang pembuatan dan perawatan kapal fiberglass kepada kelompok nelayan penerima sebagai bentuk pengabidan kepada masyarakat.