Webmail  |   Lokasi Kampus  

D3 - Teknik Perkapalan

 Admin      Konten      14 Januari 2018

 

Pada tahun 2000, Pemerintah Daerah, melalui Yayasan Gema Bahari mendirikan perguruan tinggi dengan nama Politeknik Perkapalan Bengkalis, yang mempunyai 3 jurusan, yaitu: Teknik Listrik Kapal, Teknik Bangunan Kapal, Teknik Permesinan Kapal. Dalam perjalanannya, Politeknik Perkapalan Bengkalis Berubah nama menjadi Politeknik Bengkalis yang berada di bawah Yayasan Bangun Insani. Jurusan yang ada di Politeknik Bengkalis berubah menjadi 5 jurusan, yaitu: Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Administrasi Bisnis. Pendidikan di Program Studi Teknik Perkapalan menekankan pada aspek praktek langsung di Bengkel dan Laboratorium/Studio Gambar dengan memberikan persoalan-persoalan praktis pada mahasiswanya sebagai model. Program studi Teknik Perkapalan hanya memiliki satu program studi yaitu Program Studi Teknik Perkapalan untuk program Diploma III dan akan membuka program D4 pada tahun 2014 yang saat ini masih dalam tahap penyusunan program. Program Studi Teknik Perkapalan telah melakukan proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan memperoleh peringkat B (Baik) dengan nilai 322 berdasarkan SK BAN-POLTEK No.011/BAN-PT/Ak-V/DpI-III/IX/2006 tanggal 7 September 2006. Lulusan Program Studi Teknik Perkapalan Politeknik Bengkalis harus bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain yang menyelenggarakan program yang sama.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Sebagai Tenaga Terampil Quality Control Drafter, Supervisor, Quality Control dan Surveyor pada pengerjaan pembangunan dan repair kapal di galangan.

    
VISI
"Menjadi penyelenggara pendidikan profesional ahli madya di bidang Teknik Perkapalan"

    
MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan diploma III untuk menghasilkan tenaga profesional yang terampil dan siap pakai di bidang kemaritiman.
  • Mengembangkan penelitian untuk memajukan pengetahuan, menambah pengalaman dan meningkatkan daya nalar serta berpartisipasi dalam memecahkan masalah pembangunan.
  • Mengembangankan pelayanan IpTek perkapalan tepat guna dan berhasil guna menopang pembangunan.

 

SERTIFIKASI

Welder SMAW,  Drafter Perkapalan, TOEIC Institusional

 


Berita Terbaru

Jurusan Teknik Perkapalan Polbeng Beri Pelatihan Pengelasan kepada Masyarakat Sungai Alam

09 Agustus 2017 - Rabu (9/7) lalu, kegiatan Pelatihan Pengelasan untuk Masyarakat Desa Sungai Alam Resmi dibuka. Bertempat di Gedung Galangan Teknik Perkapalan, acara yang digelar berkat kerjasama Desa Sungai Alam dengan Jurusan Teknik.......
Baca Selengkapnya

Berita Lainnya